Investasi Menggiurkan Di Semarang gaga

HousingEstate, Jakarta - Masa kuliah adalah masa paling rentan anak terhadap gangguan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba), penyakit sosial masyarakat, dan perilaku-perilaku negatif lainnya. Maka itu banyak orang tua yang merasa was-was ketika ditinggal jauh putra-putrinya yang sedang kuliah. Sebagian kemudian mencarikan tempat tinggal yang dinilainya cukup aman, misalnya di kos-kosan ekslusif yang pintu gerbangnya selalu tertutup dan dijaga petugas keamanan 24 jam nonstop.

PT Cipta Pilar Persada (Pilar Properti) berupaya memenuhi kebutuhan para orang tua itu dengan mengembangkan Cordova Edupartment di dekat Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di Tembalang. Lokasinya di perumahan elit Bukit Sari Jl Bukit Sari Raya, sekitar 300 m dari gerbang kampus universitas terkemuka di Jawa Tengah itu. “Lingkungannya hijau dan berbukit-bukit, nyaman banget untuk belajar. Selain dekat Kampus Undip, juga tidak jauh dari kampus- kampus lain seperti Politeknik Semarang (Polines), Universitas Pandanaran, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pendek kata, Cordova Edupartment berada di lingkungan orang-orang terpelajar,” papar JE Robbyantono, Presiden Direktur Pilar Properti.

Fasilitas yang disediakan pun lebih kekinian disesuaikan dengan kebutuhan sebagian besar calon penghuninya, yaitu para mahasiswa dan professional, serta pasangan keluarga muda. Aparteman antara lain akan dilengkapi educative & art facility, seperti amphitheatre, coworking space, reading park, dan art gallery. Kemudian untuk sport facility akan tersedia kolam renang, panjat dinding atau wall climbing, area skatepark, dan tempat latihan olah raga memanah (archery). Sementara untuk fasilitas keamanan, petugas keamanan berjaga 24 jam nonstop, didukung kamera CCTV di banyak titik, dan acces card untuk masing-masing penghuni. Kemudian untuk fasilitas publik ada café, free wifi, dan masjid modern di dekat loby utama untuk menunjang wawasan, kreativitas, dan kenyamanan beribadah para penghuni. “Ini apartemen pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas tempat ibadah sebagai ikon,” ujarnya.

Cordova Edupartment dibangun setinggi 19 lantai, desainnya dirancang ekslusif satu menara dengan konsep “smart & peace of mind” yaitu perpaduan unsur lingkungan yang mendukung iklim keilmuan dan kedamaian. Total jumlah huniannya sebanyak 655 unit di atas lahan seluas 4.697 m2. Acara ground breaking penanda dimulainya pembangunan apartemen telah dilaksanakan tanggal 12 Mei 2018 lalu. Bertindak sebagai main kontraktor adalah PT Adhi Persada Gedung, anak perusahaan BUMN PT Adhi Karya, Tbk. “Kami melakukan real ground breaking. Mulai saat itu juga kontraktor kami langsung mulai pembangunan. Makanya setelah berjalan 10 bulan, progress pembangunan hingga pertengehan Februari 2019 sudah mencapai 30 persen lebih,” katanya.

Proyek yang menelan investasi 250 miliar ini ditarget sudah mulai diserah-terimakan kepada para konsumen kurang dari dua tahun sejak ground breaking, atau Desember 2019.

Dalam mengembangkan Cordova Edupartment Pilar Properti bersinergi dengan PT Penta Dinamika Properti, anak perusahaan Dana Pensiun Pertamina (DPP) serta mendapat dukungan pembiayaan proyek dan Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA) dari Bank BTN Syariah. Menurut Chief Marketing Officer Cordova Edupartment, Firman Ariadi Ekoputra, dengan masuknya DPP melalui PT Penta Dinamika Properti menjadikan permodalan PT Cipta Pilar Properti semakin kuat dan kian menambah kepercayaan konsumen.

Smart Investment, ROI 51 Persen Tiga Tahun

Menurut Firman salah satu kelebihan apartemen yang ia ditawarkan ini harganya paling kompetitif dibandingkan dengan apartemen-apartemen di sekitarnya, dan jadwal serah terimanya juga yang paling awal, sehingga ada ruang yang luas untuk menaikkan harganya. Saat ini harga unit di Cordova Edupartment baru Rp15 jutaan/m2, atau mulai Rp400 jutaan untuk tipe studio dan mulai Rp1,3 miliar untuk tipe tiga kamar tidur. Sedangkan di apartemen terdekat harga jualnya masing-masing sudah Rp18,3 jutaan dan Rp19.3 jutaan/m2.

Pada saat serah terima Desember 2019 nanti, harga Cordova Edupartment diproyeksikan akan naik menjadi Rp18 juta/m2, atau naik Rp 2 juta/m2, tapi masih di bawah dua apartemen pesaing terdekat yang diproyeksikan akan naik menjadi Rp19,6 juta dan 20,7 juta/m2. Pada saat dua apartemen terdekat serah terima yaitu satu apartemen pesaing pada September-Desember 2021 diproyeksikan harga jualnya naik menjadi Rp24 juta/ m2, harganya kurang lebih sama yang akan ditawarkan oleh satu apartemen pesaing terdekat lainnya. Sedangkan Codova Edupartment di level Rp23 juta/m2.

Nah, pada saat dua apartemen pesaing terdekat serah terima ,satu apartemen pesaing pada September-Desember 2022, harganya akan menjadi Rp25,7 juta/m2, dan satu apartemen pesaing lainnya akan menjadi Rp25,8 juta/m2 sedangkan Cordova Edupartment naik signifikan menjadi Rp26 juta/m2 mengungguli keduanya. Kenapa? “Karena kami paling awal beroperasi otomatis tingkat hunian kami paling tinggi. Di sisi lain jumlah unit yang kami sediakan terbatas, tiap tahun permintaan terus naik, dampaknya harga apartemen kami naik paling tinggi. Beda dengan apartemen lain karena jumlahnya ribuan unit dan stok yang dipasarkan masih banyak, membuat kenaikan harganya tidak bisa setinggi kami,” katanya.

Atas dasar proyeksi itu selama tiga tahun ke depan harga Cordova Apartment diproyeksikan bakal naik Rp10 juta, dari Rp15 juta menjadi Rp26 juta/m2. Sedangkan harga sewa per bulan Rp2 juta (tipe studio). Setelah dikurangi service charge dan biaya-biaya lain tingkat pengembalian modal atau return on investment-nya (ROI) minimal 51 persen.

Jika Anda sekarang akan membelinya, developer menyediakan banyak pilihan, yaitu tipe studio (luas 25,05 m2), tipe Superior Luxury (2 BR-A,luas 50,1 m2), tipe Superior Plus (2 BR-B, luas 62,18 m2), Superior Corner (2 BR-C, luas 38,77 m2), tipe Superior (2 BR-D, luas 36,98 m2), dan tipe Deluxe Luxury (3 BR+ , luas 77,72 m2), Deluxe (3 BR–A , luas 75, 38 m2), Deluxe Corner (3 BR-C, luas 64,87 m2) dan yang terbesar adalah tipe Suite (4 BR-C, luas 91,15m2). “Saat ini sudah terjual 30 persen lebih,” katanya.

 

SEGERA DIPASARKAN
CORDOVA EDUPARTMENT, DRAMAGA BOGOR

Selain di Kota Semarang, Pilar Properti juga mengembangkan apartemen Cordova Edupart-ment di Kota Bogor, tepatnya di Jl Raya Dramaga, sekitar 500 m dari gerbang Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Konsep yang ditawarkan menarik dan belum ada duanya di Indonesia. Developer akan menerapkan konsep dormitory terpadu yang aman di tengah-tengah lingkungan yang hijau dan nyaman dengan view sungai dengan suara gemercik airnya dan Gunung Salak, serta dilengkapi beragam fasilitas yang sangat mendukung proses belajar para mahasiswa.

Luas lahan yang akan dikembangkan 9,971 m2. Developer akan membangun 13 tower bangunan empat lantai, masing-masing berkapasitas 33-52 unit. Total hunian keseluruhan sebanyak 606 unit, dan 20 unit komersial. Apartemen akan dilengkapi lift penumpang, security 24 jam, CCTV, masjid, wifi, kolam renang,mini futsal, basket,amphiteater, fitness centre, co-working space, student centre, laundry, mini market, dan coffee shop.

Setiap unit di apartemen ini berukuran sama, yakni lebih kurang 15,51 m2 semigross dengan kamar mandi di dalam, dan dijual dalam kondisi fully furnished, lengkap dengan AC. Jadi para orang tua yang membeli untuk anaknya sudah tidak perlu repot memikirkan beli furniture. Kalau akan menempati, dari rumah cukup bawa koper pakaian.

Kami optimis para mahasiswa/i IPB akan sangat berkeinginan dan menyukai untuk bertempat tinggal di apartemen ini. “Para Investor bisa beli ke kami dengan system bulk, misalnya satu atau dua tower,” kata Arief B. Hartono, Business Development Division Head Pilar Properti. Harga per unit dibandrol mulai dari Rp160 jutaan. Dengan uang muka 20 persen, cicilan per bulan dengan asumsi bunga 8 persen hanya Rp1 juta. Jadi cicilan-nya lebih murah dari harga sewa kamar kos ber-AC di sekitar kampus IPB. Adv.

MARKETING GALLERY
JL PROF H SOEDARTO NO.81 B-C TEMBALANG, SEMARANG TLP 024-7640 5555 (HUNTING)
WA : 0815 6677 234, 0822 2220 8289